Sabtu, 15 Oktober 2016

Menyetel Kekencangan Rantai NVL (New Vixion Lightning)


Setelah lama bersembunyi dan tidak aktif dari dunia per Blog an akhirnya nge post lagi. oke langsung saja ke topik utama sesuai dengan judul. yaitu cara penyetelan rantai transmisi untuk motor NVL,
Sudah diketahui bersama bagi rider NVL yaitu penyakit satu ini yang sering muncul. lebih baiknya sebagai rider untuk mempunyai pengetahuan bagaimana menyetel rantai kuda besi nya. karena ini akan sering terjadi pengendoran secara berkala. lumayan daripada bolak balik bengkel, cuma untuk stel rantai.
ok bro, persiapan sebelum menyetel rantai ada beberapa tools yang musti di siapkan, yang perlu di siapkan adalah kunci pas 12, kunci ring 12, 14,17,19, kain lap, kunci shock 14 (jika ada, alternatif kunci ring 14) kalo peralatan tidak ada  boleh pinjem tapi mending beli sendiri haha.

okay untuk langkah berikutnya siapkan kunci ring atau shock nomor 14 untuk mengendorkan baut pengunci rem cakram belakang. lihat gambar yang disertai lingkaran. karena pengunci ini juga mengunci kedudukan as roda belakang. as roda belakang dan rem cakram floating, maka di kunci oleh baut 14 ini. apabila menggunakan kunci shok lebih enak posisinya dari atas.

okay untuk langkah berikutnya karena cakram sudah di kendorkan maka bisa langsung kendorkan as roda belakng.mengendorkan baut ini menggunakan kunci ring nomor 17 untuk sebelah kiri dan nomor 19 untuk baut sebelah kanan. lebih enakny langsung lihat gambar bro.
Kunci Ring nomor 19 sebelah kanan
Kunci ring nomor 17 sebelah kiri
oke sekarang posisi sudah terbuka semua. trus bagaimana penyetel rantainya. kencankan mur penahan as roda dengan kunci pas ring nomor 12. penahan as roda ini apa bila di kencangkan searah jarum jam maka posisi as roda akan mundur, maka rantai akan semakin kencang, sambil di putar baut penahan ini dan di ukur rantai dari posisi normal dan di tekan kekendoranya kurang lebih 1 sampai 2cm dr posisi normal. lihat gambar tanda panah.


jangan terlalu kencang, karena roda akan berat untuk di putar, terlalu longgar bahaya rantai lepas dari gir nya. okay setelah itu ratakan posisi kanan kiri. lihat strip posisi as roda ada di level berapa, dan samakan.

ok bro sampai sini setelah di samakan posisi kanan kiri jangan lupa sambil di putar roda belakang nya. apakah bisa berputar normal atau malah terlalu berat. insting dan feeling juga puntuk melihat lurus atau tidaknya roda belakang. karena pengaruhnya nanti saat akselerasi tinggi, biar ngga ngepooot hehe 
 apa bila kedudukan roda dirasa sudah lurus maka langkah berikutnya kencangkan baut penahan as roda, agar tidak lari posisinya setelah di stel. dan kencangkan baut as roda ngan ring 17 dan 19. dan langkah terakhir kencangkan kembali baut 14 penahan cakram belakang.
lihat dari belakang, pastikan posisi canter.
setelah semua beres, langkah terakhir test ride.. 
demikian sedikit info tutorial untuk penyetelan rantai new vixion ato sering di sebut NVL.
 Salam satu aspal JR09BY.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer